Tes Kebugaran adalah elemen dasar untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Melakukan tes kebugaran sangat baik untuk menilai sekaligus meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot.

Tes Kebugaran juga dapat diartikan sebagai tes daya tahan kardiorespirasi, tes kekuatan dan fleksibilitas otot. Oleh karena itu Tes Kebugaran ini dapat dijadikan faktor yang dapat menentukan derajat kesehatan seseorang.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tes kebugaran dan pemeriksaaan kesehatan ini untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani sehingga dapat ditentukan latihan fisik yang sesuai pada masing – masing anak SD.

Adapun keuntungan dari aktivitas jasmani bagi siswa adalah meningkatkan kemampuan jasmani siswa yang diyakini akan meningkatkan kemampuan akademis siswa. Sebab seperti diketahui, kesegaran jasmani dapat diartikan suatu kondisi seseorang. Yang terlihat dari tingkat kelelahan seseorang setelah melakukan aktivitas yang berat. Jika tidak mengalami kelelahan yang berarti, artinya masih memiliki energi untuk melakukan aktivitas yang lainnya.

Siswa dengan tingkat kebugaran jasmani yang baik akan mampu melaksanakan aktivitas belajarnya dengan lancar. Siswa tidak akan mudah lelah sehingga akan mudah untuk menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Sehingga hal ini akan memperlancar pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah.

By admin