Berapa pun usia kamu, penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit. Namun, ketika sudah memasuki usia 65 tahun atau lebih, tubuh akan mulai melemah dan lebih mudah terserang penyakit, bahkan komplikasi. Oleh karena itu, kesehatan lansia penting sekali untuk dijaga.

Tetap aktif secara fisik, seperti rutin berolahraga, sudah diketahui sebagai cara yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, selain olahraga, masih ada banyak cara lain yang juga tidak kalah penting untuk dilakukan guna menjaga kesehatan lansia, baik secara fisik maupun mental. Yuk, cari tahu di sini.

Tips Menjaga Kesehatan Lansia

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan lansia:

1. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lansia agar tetap sehat dan kuat. Makanan yang kaya buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, dan melindungi dari virus serta bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit. 

Buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan melindungi sel-sel dari kerusakan dan menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, lansia juga perlu membatasi konsumsi makanan manis dan berlemak. Sebab, makanan tersebut bisa memicu peradangan dalam tubuh dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

2. Minum suplemen seperlunya

Terkadang mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Karena itu, konsumsi suplemen bisa menjadi cara lain untuk membantu menjaga kesehatan lansia. Namun, ingat selalu tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen apa pun. Beberapa suplemen yang mungkin direkomendasikan untuk orang tua, antara lain kalsium, vitamin D, vitamin B6, atau vitamin B12.

3. Sering cuci tangan

Mencuci tangan secara teratur adalah cara terbaik lainnya untuk menjaga kesehatan lansia. Pasalnya, tanpa disadari ada banyak kuman penyebab penyakit yang bisa menempel di tangan saat menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Lansia berisiko terserang penyakit bila menyentuh wajah dengan tangan yang kotor tersebut.

Jadi, sering-seringlah mencuci tangan dengan air hangat dan sabun cuci tangan, setidaknya selama 20 detik. Hindari menyentuh hidung, wajah, dan mulut dengan tangan.

4. Tidur yang cukup

Tidak hanya memberi kesempatan pada tubuh untuk memulihkan dirinya sendiri, tidur yang cukup juga bisa mengurangi tingkat stres, sehingga kesehatan mental bisa tetap terjaga.  Dengan tidur yang cukup setiap malam, lansia juga bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, sehingga tidak mudah sakit.

Tidur juga penting seiring bertambahnya usia, karena bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jadi, usahakanlah untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam.

5. Tetap aktif bersosialisasi 

Tetap aktif bersosialisasi dengan keluarga dan teman ternyata bisa memberi manfaat yang besar bagi kesehatan lansia, lho. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, Series B: Psychological Sciences and Social Sciences pada Januari 2019, menemukan bahwa peserta (di atas 65 tahun) yang memiliki tingkat aktivitas sosial yang lebih tinggi, cenderung mengalami suasana hati yang lebih positif, lebih sedikit perasaan negatif, dan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi.

6. Jadwalkan pemeriksaan kesehatan fisik tahunan

Memeriksakan kesehatan setiap tahun juga penting untuk menjaga kesehatan lansia. Pasalnya, kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi bisa tidak terdeteksi. Nah, pemeriksaan fisik secara teratur akan memungkinkan dokter untuk mendiagnosis masalah kesehatan tersebut lebih awal. 

By admin