Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di laksanakan untuk menunjang terlaksananya Program Indonesia Sehat khususnya pada seluruh keluarga di wilayah kerja Puskesmas. Kegiatannya dilaksanakan dengan cara mendatangi rumah atau kunjungan secara lansung dengan keluarga.

Dalam masa Pandemi tidak menjadi penghalang demi mewujudkan masyarakat yang sehat, dimana kita tetap harus menggunakan protokol kesehatan selama bertugas, jarak yang cukup jauh dari keramaian demi mencapai rumah keluarga sudah menjadi salah satu resiko agar bisa mengintervensi kembali masalah kesehatan keluarga yang belum tuntas. sehingga dengan program keluarga sehat ini masalah kesehatan keluarga bisa diketahui sejak dini dan mencari penyelesaian atau solusinya terhadap masalah tersebut.

Dalam Program PIS-PK ada 12 indikator kesehatan  yang harus dicapai oleh masyarakat yaitu sebagai berikut :

  1. Keluarga mengikuti program KB (Keluarga Berencana)
  2. Persalinan Ibu di fasilitas pelayanan kesehatan
  3. Bayi mendapatkan imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapatkan ASI eksklusif
  5. Pertumbuhan balita dipantau
  6. Penderita TB Paru berobat sesuai standar
  7. Penderita Hipertensi berobat teratur
  8. Penderita gangguan jiwa berat di obati dan tidak ditelantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN
  11. Keluarga memiliki akses/ menggunakan air bersih
  12. Keluarga memiliki akses/ menggunakan jamban keluarga

Pendekatan Intervensi keluarga sehat mencakup seluruh anggota keluarga, jika ada salah satu anggota saja yg belum mencapai indikator keluarga sehat maka keluarga tersebut belum dinyatakan sebagai keluarga sehat. oleh sebab itu disini petugas akan menanyakan secara lansung kepada setiap individu didalam keluarga terhadap masalah yang dialami keluarga.

Tingkatan intervensi

  • Intervensi tingkat individual, sasarannya adalah individu. Misalnya anjuran untuk segera berobat secara rutin ke faskes jika dalam kunjungan keluarga ada salah satu anggotanya terdeteksi menderita hipertensi. dll
  • Intervensi tingkat keluarga, sasarannya adalah keluarga, misalnya anjuran pengadaan sarana air bersih, jamban sehat, anjuran tidak merokok bagi kepala keluarga, karena efeknya untuk semua keluarga. dll
  • Intervensi tingkat masyarakat yang disebut sebagai UKM (upaya kesehatan masyarakat) atau public health intervention. Bentuknya beragam, bisa berupa menumbuh-kembangkan UKBM, penerapan kawasan tanpa rokok, pemicuan STBM, pemicuan P2TMBM, Upaya Kesehatan Masjid, dll.

Kegiatan intervensi PISPK di wilayah kerja Puskesmas Ngegong tahun 2022 dilakukan pada bulan November dan Desember th 2022, selain itu juga di lakukan investigasi kontak tb pada sasaran intervensi yang ada.

By admin