Hari Kesehatan Dunia berawal ketika pejabat Brasil dan Cina mengusulkan pembentukan organisasi kesehatan internasional pada Desember 1945. Usulan tersebut mencakup keseluruhan aspek tentang kesehatan, medis, dan sebagainya yang independen dari pengaruh kekuatan pemerintah.

Pada Juli 1946, pembentukan konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) disetujui di New York. WHO berdiri pada 7 April 1948. Saat itu, sebanyak 61 negara menandatangani perjanjian pendirian WHO.

Hari Kesehatan Sedunia pun menjadi salah satu warisan WHO yang diperingati hingga kini. Adapun Hari Kesehatan Sedunia pertama kali diperingati pada 22 Juli 1949. Dalam perjalanannya, peringatan Hari Kesehatan Sedunia kemudian dipindah ke 7 April atau menyesuaikan tanggal terbentuknya WHO.

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan betapa pentingnya kesehatan. Selain itu, adanya Hari Kesehatan Sedunia juga dalam rangka memberi kesempatan untuk fokus sejenak pada isu-isu kesehatan global.

Hari Kesehatan Sedunia tahun 2023 mengusung tema “Health for All” atau Kesehatan untuk Semua. Melalui tema ini, masyarakat diajak untuk menilik keberhasilan peningkatan kualitas kesehatan dunia dari dekade ke dekade.

By admin