Skrining Rematri merupakan program Ditjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI dalam rangka pemenuhan cakupan standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan terkait pelayanan kesehatan pada anak usia pendidikan dasar. Tujuan skrining ini untuk mendeteksi anak-anak yang mungkin mengalami anemia atau kurang darah. Sehingga skrining anemia yang dilakukan ini sangatlah penting untuk mencegah anemia pada anak, khususnya remaja putri. 

Pada Bulan Februari-Maret 2023 PUSKESMAS NGEGONG melaksanakan program pemerintah untuk mencegah Stunting. Terkait itu, puskesmas pun melakukan Skrining Anemia pada remaja putri (Rematri) dan Pemeriksaan Hemoglobin (Hb).

Skrining Anemia dilakukan di seluruh SMP dan SMA yang ada di wilayah kerja Puskesmas Ngegong.

Skrining dilakukan karena remaja putri mengalami menstruasi yang menyebabkan remaja putri seringkali kehilangan darah yang cukup banyak. Kondisi ini, jika tidak diimbangi dengan asupan gizi yang baik, maka dapat menyebabkan remaja terkena Anemia.

Anemia memang tidak menyebabkan masalah yang berat ketika masih remaja, tetapi Anemia akan berakibat fatal jika terjadi pada perempuan yang sedang hamil.

Remaja putri yang mengalami Anemia, ketika hamil akan memiliki risiko tinggi mengalami Anemia. Sementara itu, Anemia sangat berbahaya jika terjadi pada wanita hamil.

Sebab, saat hamil seorang wanita dibutuhkan peran Hemoglobin (Hb) yang baik, yang memiliki tugas mengantarkan sari makanan dan oksigen untuk tubuh ibu dan janinnya. Kindisi ini tidak bisa dimiliki bila wanita menderita Anemia.

Sebab itu pula, ibu hamil dengan Anemia menjadi salah satu penyebab anak Stunting.Diharapkan dengan Skrining Anemia pada remaja putri, nantinya dapat mencegah remaja putri terkena Anemia sehingga mampu mencegah Anak Stunting.

Pada kegiatan itu remaja putri diukur tinggi badan (TB), ditimbang berat badan (BB), dan lingkar lengan atas (LILA), serta dilakukan pemeriksaan Hb.

Selain itu, remaja putri juga diberikan TTD yang dikonsumsi satu kali dalam seminggu di hari yang sama dan diberikan penyuluhan terkait Pencegahan Anemia. Berikut dokumentasi kegiatan skrining anemia Puskesmas Ngegong

By admin