Hari Ginjal Sedunia adalah kampanye global yang jatuh pada hari Kamis, 9 Maret 2023. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan ginjal. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan masyarakat akan sadar tentang faktor risiko, cara hidup dengan penyakit ginjal, dan mengurangi dampak penyakit ginjal serta masalah kesehatan terkaitnya.
Ginjal adalah bagian tubuh yang memainkan peranan penting. Organ ini berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Sisa metabolisme ini kemudian dikeluarkan melalui urine. Selain itu, ginjal juga berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh. Maka dari itu, penting untuk memiliki ginjal yang sehat supaya tubuh dapat bekerja dengan baik.

Di Indonesia, Penyakit ginjal menjadi penyebab kematian ke-10 di Indonesia dengan jumlah kematian lebih dari 42 ribu pertahun. Itulah mengapa momen ini penting sehingga masyarakat lebih sadar untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit ginjal kronis.

Cegah Penyakit Ginjal
Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, untuk menghindari penyakit ginjal, perlu diterapkan pola hidup sehat dan berperilaku “CERDIK”, yaitu:

C: Cek atau periksa kesehatan secara berkala
E: Enyahkan asap rokok. Baik perokok pasif maupun perokok aktif sama-sama berisiko untuk mengalami penyakit jantung paru yang dapat menyebabkan beban ginjal yang semakin meningkat
R: Rajin aktivitas fisik. Lakukan olahraga yang terukur dan terjadwal minimal 15 menit per hari atau 90 menit semiggu
D: Diet sehat dengan kalori yang seimbang. Mengonsumsi sumber nutrisi yang seimbang dan membatasi konsumsi makanan instan, tinggi garam, gula dan minyak. Dengan mengatur pola makan juga dapat menjaga berat badan yang ideal.
I: Istirahat yang cukup. Minimal 6-8 jam sehari
K: Kelola stres. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan inflamasi yang berlangsung kronik.

By admin